5 Tips Mengatasi Jantung Berdebar Kencang

Jantung berdebar-debar di sertai sesak dada di sebut dengan Palpitasi Jantung dalam dunia kesehatan. Tidak bisa di tebak, situasi seperti ini bisa datang dengan tiba-tiba saat kita tengah sibuk beraktivas atau pun sedang asik bersantai.

Beberapa penyebab jantung berdebar kencang seperti cemas berlebihan, MSG, lemak, makanan tinggi karbohidrat dan mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar.

Jantung Berdebar Kencang

Hal ini tidak bisa di biarkan, kamu bisa kehilangan kesadaran hingga kematian jika menyepelekannya. Coba lah untuk mengatasi nya dengan 5 tips mudah dibawah ini.

1. Olahraga Teratur
Seperti yang kita ketahui bersama, Olahraga secara teratur sangat di anjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Termasuk juga untuk kesehatan jantung kita, namun pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Misalnya saja jalan mengililingi taman, jogging, bersepada dan berenang santai. Namun kamu harus melakukannya secara konsisten, jika tidak ada perubahan cobalah untuk berkonsultasi dengan Dokter.

2. Latihan Pernapasan
Dengan meditasi atau yoga kamu dapat melatih pernapasan dengan lebih baik. Selain itu, hal ini juga dapat menenangkan otot-otot yang tegang, termasuk otot jantung.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Pastikan kamu meminum delapan gelas air putih sehari, namun lebih dari itu maka akan jauh lebih baik. Dengan begitu cairan tubuh kamu tercukupi sehingga tidak menimbulkan dehidrasi yang dapat membuat darah semakin kental dan akan menambah beban kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

4. Manuver Vagal
Manuver vagal digunakan untuk memperlambat laju jantung dengan merangsang saraf vagal, yaitu bagian saraf yang membantu mengatur detak jantung. Dengan batuk dapat merangsang saraf vagal supaya detak jantung sedikit lebih lambat.

5. Jaga Keseimbangan Elektrolit
Jika tubuh kekurangan elektrolit, maka detak jantung akan menjadi tidak beraturan dan akan cenderung lebih cepat dari biasa nya. Makanan dan minuman yang dapat menjaga keseimbangan elektrolit ialah :

  • Natrium: kentang, sup
  • Kalium: alpukat, pisang, ubi jalar, bayam, dan sayuran hijau lainnya
  • Kalium: sayuran hijau, kacang, ikan
  • Kalsium: susu, produk susu, dan sayuran hijau
Nah, dengan 5 tips di atas kamu dapat mengatasi jantung berdebar kencang dengan mudah dan murah. Namun pastikan juga kamu untuk tidak mengonsumsi pemicu jantung yang tiba-tiba berdebar kencang, seperti alkohol, obat hipertensi, minuman berkafein, obat batuk dan pilek.

Semoga bermanfaat dan jika berkenan silahkan share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel