Gejala Tipes, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Demam tifoid (Tipes) merupakan infeksi bakteri yang bisa menyebar ke seluruh tubuh serta mempengaruhi banyak organ tubuh. Seseorang yang terkena gejala tipes tetapi tidak mendapatkan pengobatan yang tepat bisa mengalami kompilasi serius dan bisa berakibat fatal.

Penyakit ini memang menular, orang yang sakit tipes bisa menularkan penyakitnya lewat feses dan urine nya. Mengkonsumsi makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit tipes.

Gejala Penyakit Tipes

Gejala Penyakit Tipes

Ada beberapa gejala penyakit tipes yang muncul, mulai dari gejala ringan hingga yang paling parah. Ciri tipes biasanya muncul secara bertahap, pada 1 – 3 minggu setelah tubuh terinfeksi bakter, tetapi dalam beberapa kasus, ada juga yang gejalanya terjadi secara mendadak. Sebenarnya apa saja ya gejala penyakit tipes itu? Yuk simak langsung dibawah ini:

Ciri-Ciri Gejala Tipes Yang Paling Umum
•    Nafsu makan menurun.
•    Demam tinggi hingga mencapai 40°C.
•    Mual dan muntah.
•    Diare atau sembelit.
•    Lemah dan lesu.
•    Merasakan nyeri dan sakit pada otot.
•    Sakit kepala.
•    Sakit perut.
•    Muncul ruam atau bintik merah di kulit.

Kemungkinan ada saja ciri tipes yang tidak disebutkan di atas, yang jelas gejala tipes sendiri memang ciri-cirinya cukup banyak. Jadi Kamu bisa mengenali tipes lebih awal jika Kamu mengalami gejala seperti di atas.

Jika kamu memiliki kekhawatiran akan ciri tips tertentu, maka Kamu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Biasanya ciri tipes memang datang 1 – 3 minggu sejak terinfeksi, tetapi ketika Kamu mengalami konpilasi akan penyakit ini, gejala tips bisa saja bertahan lebih lama.

Gejala tipes biasanya kambuh setelah Kamu merasa sembuh, ini disebut dengan rekuren, dan sekitar 10 persen yang sakit tips bisa mengalami gejala tipes selama 1 – 2 minggu.

Apa Bedanya Sakit Tipes Dengan Gejala Tipes?
Kebanyakan orang mengira bahwa tipes dengan gejala tipes merupakan penyakit yang berbeda, padahal keduanya adalah sama. Biasanya dokter akan mengatakan bahwa penyakit tersebut gejala tipes, karena memang gejalanya merupakan gejala tipes, dan yang Kamu rasakan juga gejala dari tipes.

Penyebab Penyakit Tipes
Sebenarnya apa sih penyebab penyakit tipes ini? Ternyata penyakit tipes penyebabnya adalah bakteri Salmonella Typhi. Bakteri yang satu ini ternyata menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Tidak hanya itu saja, jajan yang sembarangan serta daya tahan tubuh yang menurun bisa mengalami demam tifoid. Anak kecil biasanya lebih sering terkena demam tifoid ini, karena memang daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa, biasanya karena kurang terjaga kebersihan nya saat makan.

Cara Mengatasi Gejala Tipes

1. Antibiotik
Jika kamu sudah mengalami beberapa gejala tipes seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya langsung ke dokter untuk mendapatkan antibiotik. Antibiotik merupakan obat tipes yang paling ampuh, dokter biasanya meresepkan obat tersebut untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Antibiotik untuk obat tipes biasanya tidak akan bekerja pada virus lain seperti pilek dan flu, menggunakan antibiotik ini tidak diperbolehkan jika Kamu tidak mengalami gejala tipes. Karena hanya bisa meningkatkan resiko terkena infeksi yang lebih serius.

2. Bawang Putih
Gejala tipes juga bisa disembuhkan dengan bawang putih, karena selain sebagai penyedap masakan, ternyata bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat tipes alami. Kamu bisa makan 2 siung bawang putih mentah.

Cobalah untuk mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan dengan secangkir susu dan empat gelas air. Rebus larutan tersebut hingga tersisa seperempatnya saja, dan minum sebanyak 3 kali sehari.

3. Pisang
Kamu bisa mengkonsumsi makanan lembek agar pencernaan Kamu yang terkena infeksi tipes bisa mudah mencerna makanan. Misalnya saja pisang, yang mengandung pektin dan serat yang bisa menyerap cairan yang ada di usus dan menurunkan diare.

Itulah informasi tentang gejala tipes, penyebab dan cara mengatasi yang bisa Kamu lakukan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel