4 Cara Memijat Kaki Bayi Agar Cepat Berjalan

Berjalan merupakan tahapan dalam perkembangan bayi yang begitu dinantikan dalam kehidupan bayi yang sudah umur. Biasanya bayi bisa berjalan setelah tahun pertama mereka ulang tahun, tetapi ada juga yang lebih cepat ataupun lebih lambat dari itu, karena itulah diperlukan cara memijat kaki bayi untuk kamu ketahui agar bisa membantu bayi cepat berjalan.

Cepat atau lambatnya bayi bisa berjalan memang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, jadi cobalah untuk tidak khawatir jika bayi membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk bisa berjalan. Beberapa bayi bahkan ada yang bisa belum berjalan hingga umurnya 17 sampai 18 bulan, bayi yang sering jatuh saat belajar biasanya cenderung lebih lambat berjalan saat ia belajar.

Cara Memijat Kaki Bayi Agar Cepat Berjalan

Kamu yang sedang punya baby dan ingin membantunya agar cepat bisa berjalan, sebaiknya lakukan pemijatan yang tepat pada kakinya sesuai dengan umurnya seperti ini:

1. Usia 0 Hingga 2 Bulan
Pijat kaki bayi kamu pada usia berapapun, karena baik untuknya agar bisa berjalan dengan cepat nantinya. disarankan agar ibu memijat kaki bayi yang berusia 1,5 hingga 2 bulan dengan cara yang sangat halus.

Cara memijat kaki bayi umur 0 sampai 2 bulan Yaitu dengan membelai dan jangan memberikan tekanan pijat saja di bagian telapak kakinya seperti menulis angka 8.

2. 2 Sampai 4 Bulan
Pada usia 2 – 4 bulan, anda bisa memulai pijatan dengan mengetuk kaki bayi, dan memberikan sedikit tenanan pada telapak kaki bayi tersebut menggunakan jari yang berlangsung sekitar 2 – 3 menit saja. Metode yang satu ini memang cukup efektif, mengingat hal tersebut bisa membuat bayi kamu merasa rileks, dan tenang.

Jika hal ini dilakukan secara berkelanjutan, maka bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mempengaruhi fungsi hati secara positif. Setelah itu lakukan pijatan dengan membelainya selama kurang lebih 2 menit pada kaki bayi untuk menutup semua pijat ketukan tadi agar bayi merasa nyaman.

3. 5 Sampai 7 Bulan
Secara  bertahap memang ada perkenalan teknik pijatan baru seperti memutar, atau dengan getaran pada kaki bayi. Setelah membelai kaki bayi dengan lembur, anda bisa gosok dan tekan seluruh kaki dengan sangat hati-hati menggunakan jari.

Ini akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik, lakukan sesi pijatan ini kurang lebih selama 5 menit saja, itulah cara memijat kaki bayi yang efektif.

4. 8 Sampai 12 Bulan
Pada usia ini emmang kaki bayi sedikit lebih kuat, dan sudah bisa mulai duduk diam hingga bermain dengan mainan nya. Ibu dapat menggunakan waktu saat bayi asik bermain untuk memijat kakinya dengan membelai dan meremas lembut searah jarum jam.

Jangan memijat kaki kecilnya saja, tetapi pijat pada kaki bagian bawah dan pahanya juga agar bisa cepat berjalan.

Ketika memijat kaki bayi, perlu di ingat bahwa kamu tidak mungkin bisa melakukan nya dengan benar sebelum bayi tertidur. Karena sebagian bayi mungkin akan menolak atau menangis ketika dipijat, karena itulah saat melakukan pemijatan sebaiknya saat bayi tenang dan merasa senang.

Pastikan bayi tersebut cukup makan dan menyusu agar bayi tidak menangis karena kelaparan ketika sesi pemijatan berlangsung. Lakukan pemijatan setidaknya 1 jam setelah ia makan, itu akan sangat membantu agar ia tidak menangis.

Bagaimana, apakah kamu sudah berlatih untuk memijat kaki bayi? Jangan sampai salah ya pada tahapan umurnya. Karena setiap bayi memiliki ciri yang berbeda dan umur berbeda, intinya kalau pemijatan pada bayi sangatlah berbeda dengan pemijatan pada orang dewasa.

Itulah cara memijat kaki bayi yang bisa kami informasikan untuk kamu, semoga bisa membantu dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel